Blog ini dibuat untuk mendeskripsikan berbagai potensi yang ada di bumi ini. mulai dari panorama, seni budayanya, makanan khas, hingga adat istiadatnya.

Tujuan saya menulis blog ini, tak lain untuk membiasakan diri untuk sering menulis dan semoga tulisan ini bisa menjadi referensi bagi pembaca dan saya sendiri. Maka dari itu, saya berusaha merangkum kondisi tempat yang bagi saya menarik serta pengalaman saya mengunjungi suatu tempat.

Semoga berguna bagi kita semua. :)

Sabtu, 09 Februari 2013

Bali, Indonesia

Bali, Siapa yang masih asing mendengar nama pulau ini? bahkan, sudah terkenal di mata dunia. Awal tahun 2013 kemarin, berkesempatan menjejakkan kaki ke pulau yang menjadi salah satu ikon wisata Indonesia.
kali ini, saya akan cerita tentang perjalanan menuju dan selama di Bali


Perjalanan ke Bali ini sebenarnya sangat diluar rencana, karena awalnnya saya ikut perjalanan bareng anak-anak kampus yang study tour ke Bali – Jogja – Bandung dan Jakarta. Rencananya, saya memang akan memisahkan diri di Bali dan menuju Lombok saat anak-anak yang lain selesai jalan” di bali dan berangkat menuju jogja. Sayangnya, karena tragedi gigi depan saya patah dan merasa sangat tidak nyaman (malu juga) :D , akhirnya saya memisahkan diri setibanya di Bali, karena sayang bgt pertama kali ke Bali tapi ga jalan-jalan. Akhirnya saya memutuskan untuk jalan” dulu di Bali setelah mereparasi gigi depan saya yang patah hahaha

Perjalanan ini dimulai pada tanggal 23 Januari sampai 27 Januari di Bali, sebelum lanjut ke Lombok.

Hari 1 (23 Januari 2013)
Sekitar pukul 05:30 WIB, kami tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II (Palembang), check in dan langsung menuju Bandara Soekarno Hatta via maskapai Lion Air. Karena terlambat, terpaksa bagasi anak-anak yg lain berangkat di pesawat selanjutnya.
Penerbangan dimulai pukul 6 dan tiba sekitar pukul 7 di Bandara Soekarno Hatta, namun kami terpaksa menunggu bagasi di pesawat selanjutnya. Naasnya, pesawat selanjutnya di delay dan berangkat pukul 10. Otomatis harus menunggu sampai pukul 11 siang. Kegiatan di bandara hanya diisi duduk-duduk dan nyicipin makanan temen yang beli di bandara :D
sekitar jam 12, kelar urusan bagasi dan blablabla, bis tiba, segera berangkat ke Bali.

Hari 2 (24 Januari 2013)
Sekitar jam 8, bis tiba di salah satu rumah makan sebelum memasuki provinsi Jawa Timur untuk sarapan dan mandi. Rumah makan ini asik juga, karena di belakangnya ada laut dan pantai. Saat sarapan, di sinilah tragedi patah gigi terjadi -_- sepanjang jalan hanya diam karena yang tau cuma 2 orang rekan. Dan di sini pula memutuskan untuk langsung memisahkan diri setibanya di Bali.
Perjalanan berlanjut dan tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi sekitar pukul 9 WIB. Menyebrang menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali dan tiba pukul 11 WITA. Lanjut menuju hotel di kawasan Sanur

Hari 3 (25 Januari 2013)
Bispun tiba di Abian Srama Hotel sekitar pukul 3 WITA dini hari, kami pun beristirahat dan terbangun pukul 7 pagi untuk sarapan dan yang lain bersiap untuk menuju pantai sanur, sedangkan saya bersiap untuk menuju kawasan legian, menemui teman yang akan menemani ke Lombok dan selama liburan kali ini.

Pukul 8 saya berangkat menuju tugu bom bali yang menjadi meeting point via taksi tanpa menggunakkan argo. Tapi lain kali sebaiknya gunakkan argo saja, karena ternyata lebih murah dan sopir taksinya juga jujur sih kebanyakkan.
Sekitar jam 8.30 WITA, saya tiba di tugu bom bali dan check in di Bali Sandat Inn di kawasan poppies lane. tidur lagi karena masih ngantuk hehe :D
Pukul 2 siang baru bergerak dan menyewa motor (Rp 60.000/12 jam) buat nyari dokter gigi, ketemunya di kawasan Sunset Road. Dua kali datang, sekitar jam 4 sore selesai tahap 1 dan datang lagi pukul 7 malam nanti. Utk menunggu pukul 7, kami berjalan ke kawasan jimbaran. Ketemu pantai yang entah namanya apa. Saat tiba, langsung berada di atas tebing dan bisa turun ke bawah ke bibir pantai yang berpasir putih serta ombak yang cukup besar. Sempat liat suasana hampir sunset ketika disini

Pantai tak tau namanya

sayangnya, karena sudah hampir pukul 7, kami langsung menuju dokter gigi lagi. Dokter dan perawatnya baek" pula. buat referensi namanya Drg. I Wayan Sulastra. setibanya di dokter gigi, langsung diutak atik sama si dokter dan selesai sekitar pukul 21:00 WITA mungkin.  Langsung menuju penginapan untuk beristrahat

Hari 4 (26 Januari 2013)
Sejak kemarin, Bali selalu diguyur hujan tiap pagi, sehingga harus menunda perjalanan sampai hujan reda.
Barulah sekitar pukul 10 kami bergerak menuju Garuda Wisnhu Kencana (GWK) park, dipandu oleh google maps. Untungnya sampe walaupun nyasar dikit ples dua kali neduh karena kehujanan dan tanya salah seorang bapak-bapak saat neduh di sekitaran kampus udayana.
Kami tiba di GWK Park sekitar pukul 11.30 WITA dan membayar tiket masuk Rp 35.000/orang. Tiket motor lupa berapa, kalo ga salah ga sampe 5rb sih.

Patung Wisnu

View Dari Atas
Plaza Garuda
Puas berjalan” di GWK Park, langsung lanjut ke kawasan Nusa Dua. Pertama kami masuk ke Museum Pasifika (HTM Rp 35.000/orang) dan lanjut langsung ke pantai-pantainya.
di museum pasifika ini ada beberapa ruangan (lupa) sekitar belasan kalo ga salah. namun, hanya ada 2 ruangan yang boleh difoto yakni ruangan yang isinya barong dan yang satunya lagi yang berisi patung-patung dan benda-benda adat beberapa wilayah di Indonesia.

Barong

Di dekat ruang resepsionis

/Ruangan yang boleh di foto (benda-benda etnik)

Pantai di Nusa Dua

Sekitar pukul 14.30 WITA, menuju pusat oleh-oleh jogger, walaupun sedikit nyasar karena lupa ditandai di google maps. sore harinya hanya sedikit poto-poto di sekitar tugu bom bali dan beristirahat.
Tugu Bom Bali

Karena menurut rencana awal, besok sudah cabut ke Lombok, jadi sewa motor pun sudah dikembalikan, namun karena penasaran dengan tanah lot dan jaraknya yang cukup jauh, akhirnya ditambah satu hari lagi di Bali.


Hari 5 (27 Januari 2013)
Seperti kemarin, hujan kembali mengguyur Bali di pagi hari. Sehingga perjalanan sedikit ditunda menunggu hujan reda
Pukul 9 pagi kami baru berangkat menuju Tanah Lot dan menyewa motor (Rp 70.000) sampai sekitar pukul 7 malam nanti. Dengan bekal google maps dan petunjuk arah di jalan, akhirnya tiba di Tanah Lot sekitar pukul 10 (HTM Rp 10.000/orang, motor lupa juga -,- ).

Tanah Lot
Sekitar 1 jam disini, rencananya lanjut ke Bedugul. Sayangnya kami ga tahu apa saja tujuan wisata di sana dan hanya mengikuti papan petunjuk arah. Karena tidak kunjung menemukan sesuatu, saya coba cek google maps, dan ternyata masih sangat jauh. Akhirnya kami putuskan kembali ke kawasan kuta
Pukul 2 siang kami tiba di Pantai Kuta dan berjalan-jalan sedikit. Karena merasa kurang betah di pantai ini, langsung mencari tempat santai dan beli minuman di MCD depan pantai Kuta. Kemudian, kembali ke penginapan untuk beristirahat sebentar karena cukup lelah.
Menjelang senja, kami mencari makan malam dan sekitar pukul 19:00 WITA mengembalikan motor dan lanjut jalan-jalan di kawasan kuta tapi ga ke pantai dilanjut packing untuk persiapan ke Lombok esok hari.

Hari 6 (28 Januari 2013)
Sekitar pukul 6 lewat, checkout dr penginapan dan langsung naik taksi serta mencari angkutan menuju Lombok dari terminal ubung, Denpasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar